Pages

Minggu, 29 Januari 2012

Radio, Sejarah dan Penggunaannya

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk transmisi sinyal oleh modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini merambat melalui udara lewat dan dan juga dapat merambat melalui ruang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan media pembawa (seperti molekul udara). Frekuensi gelombang radio untuk pengiriman suara adalah bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang suara (frekuensi ditumpangkan) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio (RF) pada elektromagnetik spektrum, dan bergerak radiasi elektromagnetik oleh berosilasi listrik dan magnetik.


Gelombang elektromagnetik lain yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio meliputi sinar gamma, sinar-X, inframerah, ultraviolet, dan cahaya tampak.

Ketika gelombang radio yang ditransmisikan melalui kabel dan kemudian dipancarkan oleh antena, osilasi dari medan listrik dan magnetik dinyatakan dalam bentuk arus bolak-balik dan tegangan pada kabel. Dari sinar gelombang radio kemudian dapat dikonversi oleh penerima radio (radio) menjadi sinyal audio atau lainnya yang membawa siaran dan informasi
Merambat gelombang radio pada frekuensi 100.000 Hz sampai 100.000.000.000 Hz, sedangkan gelombang audio yang merambat pada frekuensi 20 Hz sampai 20.000 Hz. Dalam siaran radio, gelombang audio tidak ditularkan secara langsung melainkan ditumpangkan pada gelombang radio yang akan merambat melalui ruang. Ada dua metode transmisi gelombang audio, yaitu melalui modulasi amplitudo (AM) dan frekuensi modulasi (FM). RadioDasar penemuan teori gelombang propagasi gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik (bahasa Inggris: Sebuah Teori dinamis dari medan elektromagnetik), berdasarkan hasil pekerjaan penelitian antara 1861 dan 1865.

Pada 1878 David E. Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio ketika dia menemukan bahwa keseimbangan induksi gangguan ke telepon buatannya. Dia menunjukkan penemuannya kepada Royal Society pada 1880 tapi hanya mengatakan itu hanya induksi.

Apakah Heinrich Rudolf Hertz yang, antara 1886 dan 1888, pertama kali membuktikan teori Maxwell melalui eksperimen, menunjukkan bahwa radiasi radio memiliki seluruh properti gelombang (sekarang disebut gelombang Hertzian), dan menemukan bahwa persamaan elektromagnetik dapat diformulasikan ke persamaan turunan parsial disebut persamaan gelombang.

Banyak penggunaan awal radio adalah maritim, untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. Salah satu pengguna awal termasuk Angkatan Laut Jepang memata-matai armada Rusia pada saat Perang Tsushima di 1901. Salah satu penggunaan yang paling dikenang adalah pada saat tenggelamnya RMS Titanic pada 1912, termasuk komunikasi antara operator di kapal yang tenggelam dan kapal terdekat, dan komunikasi ke stasiun darat mendaftar yang terselamatkan.

Radio digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut di kedua pihak pada Perang Dunia II; Jerman menggunakan komunikasi radio untuk pesan diplomatik ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Britania. Amerika Serikat menyampaikan Empat Belas Pokok Presiden Woodrow Wilson kepada Jerman melalui radio ketika perang.

Siaran mulai dapat dilakukan pada 1920-an, dengan populernya pesawat radio, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Selain siaran, siaran titik-ke-titik, termasuk telepon dan siaran ulang program radio, menjadi populer pada 1920-an dan1930-an.

Penggunaan radio dalam masa sebelum perang adalah pengembangan pendeteksian dan pelokasian pesawat dan kapal dengan penggunaan radar].

Sekarang ini, radio banyak bentuknya, termasuk jaringan tanpa kabel, komunikasi bergerak di segala jenis, dan juga penyiaran radio.

Sebelum televisi terkenal, siaran radio komersial termasuk drama, komedi, beragam show, dan banyak hiburan lainnya; tidak hanya berita dan musik saja. 



Sumber: id.shvoong.com dan id.wikipedia.org
              
                       

Tidak ada komentar: